Anda di halaman: Home

Kabar Terbaru

  • Ini Rezeki yang Dijamin

    Oleh: Iu Rusliana, REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hampir setiap manusia menginginkan rezeki melimpah ruah. Kalau perlu, dapat diwariskan untuk tujuh turunan. Sifat tamak, serakah,

    Read more...

  • Jangan Remehkan Ayat Alquran Ini

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika ada yang berani tidak sependapat dengan kalimat pada judul di atas, berarti ia tidak yakin dengan takdir Allah SWT. Judul di atas adalah firman Allah SWT. Dalam surah al-Insyirah (Alam Nasyrah) ayat kelima dan keenam.

    Read more...

  • Bertambah Lagi Mualaf yang Bersyahadat di Masjid Az-Zikra

    Ustaz Arifin Ilham memberikan tausiahnya saat dzikir bersama yang dilaksanakan di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Sabtu (14/6).  (Foto : Raisan Al Faris

    Read more...

  • Ini Amal Ibadah yang Pas

    Oleh: M Rizal Fadillah, REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Anas ra berkisah, ada tiga orang datang menemui istri-istri Rasulullah untuk menanyakan ibadah baginda nabi.

    Read more...

  • Kapan Adil Berbuah Ketenangan?

    Oleh: Moch Hisyam, REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Pada suatu ketika, Kaisar Romawi mengirim utusan kepada Khalifah Umar bin Khaththab ra.

    Read more...

syariahonline.com membuka peluang untuk saudara - saudara yang ingin memasang banner iklan, untuk selengkapnya silahkan klik menu " yayasan lalu pilih tarif iklan" | "Dan janganlah kamu (merasa) lemah & jangan (pula) bersedih hati,sebab kamu paling tinggi (derajatnya),jika kamu orang beriman".(Ali_Imran=139) | "Orang yang paling berhak mendapat syafaatku pada hari kiamat adalah yang paling banyak bersholawat kepadaku."(HR.At-Tirmidzi no.484) |
23
Apr
2015

Apakah Bunga Deposito Haram?

E-mail Print PDF

Assalaamu'alaikum Wr Wb
Sebelumnya perkenalkan nama saya Agung, ingin lebih detail tentang buga bank.  Jika saat ini saya memiliki uang untuk dimasukkan deposito di bank konvensional, apakah bunga yang didapat termasuk Riba ? Dan apakah jika dimasukkan deposito di Bank Syariah juga termasuk Riba ? Mohon penjelasannya Terima kasih
Wassalaamualikum  Wr Wb

Read more...
 
 
21
Apr
2015

Meninggal Dunia Sebelum Jadwal Keberangkatan Haji Tiba

E-mail Print PDF

Assalamu'alaikum
Sy mau bertanya bagaimana menurut hukum Islam mengenai seseorang yang telah bersiap haji dan dijadwalkan berangkat agustus 2015, namun pada april 2015 beliau telah kembali pd Allah. Lalu bagaimana kelanjutannya:
1. Apakah wajib melanjutkan haji? Lalu siapakah yg diperbolehkan?
2. Bagaimana tata caranya menurut hukum Islam?
jazakallah khairan katsiran

Read more...
 
 
19
Apr
2015

Zakat Uang Pinjaman atau Hutang

E-mail Print PDF

Assalamualaikum,
Ustaz - saya Syed Omar Syed Mohamad - seorang rakyat Malaysia yang sekarang berkerja di Saudi Arabia.
Saya pohon pertanyaan dengan ustaz mengenai perkara ini yang saya nyatakan di bawah ini:
Saya membuat pinjaman bank di Saudi melalui pinjaman peribadi secara Shariaah pada April 2014 sebanyak SAR 300,000 dan saya di kenakan untuk membayar balik dalam masa 60 bulan (5 tahun) dan kos administrasi dan keuntungan bank dikenakan pada saya sebanyak 2.5% setahun. Saya membeli aluminium dalam harga yang saya pinjam SAR 300,000 dan di jual pada bank ( saya tandatangani aqad jual beli)

Pada sekitar Julai 2014 - saya telah melaburkan keseluruhan wang tersebut pada pelaburan yang shariaah compliance di Malaysia yang memberikan keuntungan secara purata sekitar 11-12 % setahun. Ini adalah pelaburan unit trust shariaah compliance. 
Sekarang - Julai ini akan cukup haul 1 tahun pelaburan saya dan saya mahu membayar ZAKAT.  Bagaimana saya mahu membayar zakat dari duit hutang yang saya pinjam itu yang punyai KEUNTUNGAN sekitar 11-12% itu sedangkan ini :-
1-Duit hutang2-Saya membayar ansuran pada bank selama 60 bulan dengan keuntungan bank kenakan pada saya pada 2.5% setahun. 

Soalan :
1-Adakah wajib membayar zakat pada duit pinjaman / hutang yang di labur?
2-Bagaimana saya mahu mengira jumlah zakat saya mahu bayar dari duit tersebut. Di Malaysia di kira pada purata 2.5% dari jumlah yang wajib di zakatkan. 
3-Adakah zakat ini wajib saya bayar setiap tahun - atau hanya sekali sahaja. Modal itu bakal tumbuh setiap tahun pada sekitar 11-12 % namun saya bayar pada peminjam pada kadar 2.5% setahun. 

Mohon pandagan fiqh zakah ustaz untuk saya melaksanakan haq Allah dalam tuntutan harta ini.
Salam.  Syed Omar Syed MohamadJubail, Saudi Arabi

Read more...
 
 

MP3 Ceramah

Manajemen waktu

Galeri Foto

Banner
Banner

Who's Online

We have 183 guests online

Visitor

Hari ini2362
Kemarin3038
Minggu ini2362
Bulan ini90681
Keseluruhan1141596

Terdapat 57 pengunjung online

Banner