Anda di halaman: Home

Kabar Terbaru

  • Ini Motivasi Masyarakat Barat Menjadi Muslim

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dari banyak wawancara yang dilakukan televisi Amerika, Eropa maupun Timur Tengah terhadap mereka yang masuk Islam (mualaf) atau video-video blog yang banyak

    Read more...

  • Yusuf Mansur Ingatkan Umat tak Makan Daging Manusia

    REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Ustaz Yusuf Mansur
    Kita tuh suka geram, melihat, mendengar, membaca, berita, tentang daging oplosan. Daging sapi dioplos dengan daging babi. Daging sapi dioplos dengan daging tikus. Atau daging segar dioplos dengan daging bangkai lama.

    Read more...

  • Ini Bukti Perempuan Memakai Hijab Bebas dari Pelecehan

    REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK - Karim Metwaly dari AreWeFamousNow membuat percobaan menarik untuk membuktikan bahwa pemakaian hijab ternyata melindungi kaum perempuan dari pelecehan seksual.

    Read more...

  • Bagi Mualaf yang Penting Nyaman Bertanya Tentang Islam

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggelar diskusi terkait pembuatan pedoman pembinaan mualaf. Ini dimaksudkan agar pembinaan mualaf memiliki pola baku sehingga dapat diterapkan. Ini termasuk pula bagaimana menangani setiap permasalahan mualaf.

    Read more...

  • Indonesia Krisis Ulama dan Dai

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat pendidikan Islam, Tuty Alawiyah menyatakan, Indonesia sedang dilanda krisi ulama, da’i (pedakwah laki-laki) dan da’iyah (pedakwah perempuan). Padahal tiga unsur tersebut merupakan bagian penting dari perkembangan Islam di Indonesia.

    Read more...

"Barang siapa beribadah pada  ALLAH tanpa ilmu.maka kerusakan yang ditimbulkan lebih besar daripada perbaikan yang dilakukan".(Umar bin Abdul Aziz) | "Dan janganlah kamu (merasa) lemah & jangan (pula) bersedih hati,sebab kamu paling tinggi (derajatnya),jika kamu orang beriman".(Ali_Imran=139) | "Orang yang paling berhak mendapat syafaatku pada hari kiamat adalah yang paling banyak bersholawat kepadaku."(HR.At-Tirmidzi no.484) |
27
Nov
2014

Menjual Barang Replika (Tiruan)

E-mail Print PDF

Assalammualaikum
Saya hendak bertanya apa hukum dalam hal jual beli barang tiruan atau replica seperti hp atau lainnya..??  Tapi ketika menjual kita sudah menjelaskan kepada pembeli bahwa barang tsb replica..mohon penjelasannya...tks

Jawaban

Assalamu alaikum wr.wb.

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi Rabbil alamin. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbih ajmain. Amma ba'du:

Terkait dengan boleh tidaknya memperualbelikan barang replika atau tiruan, maka paling tidak terdapat dua hal yang harus diperhatikan oleh penjual. Pertama ia harus memastikan bahwa barang tiruan tersebut diproduksi dengan ijin dari pemilik merek aslinya. Sebab tidak boleh membuat dan memperjualbelikan merek atau produk orang lain tanpa ijin dari pemilik asli merek tersebut. Jika tidak, hal itu termasuk ikut serta dalam praktek pemalsuan dan tindak kezaliman.

Kedua, si penjual harus memberitahukan kondisi barang yang dijualnya kepada si pembeli tanpa ada yang ditutupi dan disembunyikan.

Semua itu agar tidak ada yang dirugikan. Jangan sampai pemilik merek asli dirugikan lantaran produknya dipalsukan. Juga jangan sampai pembeli dirugikan karena membeli sesuatu tidak seperti yang ia harapkan. Rasul saw bersabda, "La dharara wa la dhiraar." Di antara maknanya "Tidak boleh merugikan atau membahayakan diri sendiri dan orang lain."

Wallahu a'lam

Wassalamu alaikum wr.wb.

 

 
 
27
Nov
2014

Ibu Meminta Jatah Waris Lebih

E-mail Print PDF

Assalamualaikum Wr. Wb,
Saya mau bertanya tentang warisan. Ayah saya wafat dan meninggalkan 1 buah rumah (hasil kerjanya, karena ibu saya tidak bekerja). Kami 5 bersaudara, 2 laki-laki dan 3 perempuan sudah berkeluarga dan ingin menjual rumah tersebut. Ibu ingin agar dia mendapatkan bagian yang sama dengan anak laki-laki karena dia yang paling lelah mengurus ayah yang sakit berkepanjangan sebelum wafatnya. Ayah saya wafat pada saat anak-anaknya masih duduk di bangku SMA, SMP dan SD.
Pertanyanyaanya, apakah itu diperbolehkan dalam Islam?
Terimakasih. Walaikumsalam Wr. Wb.

Read more...
 
 
25
Nov
2014

Keluar Sperma atau Mani Setelah Mandi

E-mail Print PDF

Assalamu'alaykum,,,
Saya pernah mandi junub dan sudah wudhu, tetapi pada saat mengelap kemaluan pakai handuk masih ada sisa cairan sperma yang keluar dari kemaluan. apakah saya harus mengulang mandi junub dan wudhu saya untuk melakukan sholat?
Mohon pencerahannya. terimakasih,,,

Read more...
 
 

MP3 Ceramah

Manajemen waktu

Banner

Galeri Foto

Banner
Banner
Banner

Who's Online

We have 206 guests online

Visitor

Hari ini678
Kemarin2986
Minggu ini23230
Bulan ini92727
Keseluruhan708501

Terdapat 74 pengunjung online

Banner