Anda di halaman: Home Aqidah Mendoakan Orang Tua Beda Agama

Mendoakan Orang Tua Beda Agama

Pertanyaan:

Assalamualikum,

Ustad, seperti yang kita tahu bahwa Salah Satu Hal yg bisa menyelamatkan orang tua di Akhirat adalah Doa Anak yg Sholeh/a, lantas Bagaimana caranya jika ada seorang anak yang beragama Non Muslim ingin mendoakan orangtuanya yang sudah meninggal sedangkan orangtuanya beragama Islam? Tentu dy tidak mungkin membacakan Surah Al-Quran atau yasin. Mohon penjelasannya Ustad. terimakasih

Jawaban:

Assalamu alaikum wr.wb.

Tentu saja anak yang kafir tidak bisa mendoakan orang tuanya yang muslim, entah masih hidup maupun sudah meninggal dunia.

Pasalnya, doa orang kafir tidak layak untuk dikabul bahkan dimurkai oleh Allah Swt. Meskipun kadangkala doa mereka tampak dikabulkan (misalnya doa orang yang dizalimi dan teraniaya), namun hal itu hanya berlaku secara khusus. Kadangkala Allah juga mengabulkan doa orang yang jahat terkait dengan urusan dunia namun disertai dengan murka-Nya sebagaimana pengabulan doa Iblis laknatullah alayhi saat meminta ditangguhkan hingga hari akhir.

Jadi secara umum doa orang kafir tidak diterima. Bagaimana akan diterima, sementara doa orang mukmin yang memakan harta haram saja tidak mustajab seperti yang disabdakan Nabi saw.

al-Ruyyani berkata, "Tidak boleh mengamini doa orang kafir sebab doanya tidak dikabul sebagaimana bunyi firman Allah,

وَمَا دُعَاءُ الْكَافِرِينَ إِلَّا فِي ضَلَالٍ - الرعد : 14

Adh-Dhahhak meriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa makna dari ayat di atas bahwa doa orang kafir tidak diterima lantaran suara mereka terhalang atau terhijab dari Allah.

Jadi satu-satunya cara untuk bisa mendoakan orang tua muslim yang sudah meninggal dunia adalah dengan cara si anak harus terlebih dahulu masuk ke dalam Islam. Baru setelah itu ia bisa mendoakan orang tuanya.


Wallahu a'lam bsh-shawab.

Wassalamu alaikum wr.wb.

 

 

MP3 Ceramah

Manajemen waktu

Teknisi

Status Yahoo
CALL CENTER/OFFICE:
021-8575426

Visitor

Hari ini1811
Kemarin2581
Minggu ini12683
Bulan ini1811
Keseluruhan318154

Terdapat 36 pengunjung online