Anda di halaman: Home Haji Haji Pake Uang Risywah

Haji Pake Uang Risywah

Faisal

Pertanyaa: Ustad, ana kerja di kantor pajak, yang seperti banyak masyarakat tahu disisni banyak kolusinya. Tapi di kantor ana ustad, orang yang kkn tuh rajin-rajin sekali sholat, bahkan sholat malam, mereka juga sebagian pergi haji. Tentu saja pakai uang kolusi. Mereka bilang sendiri sama saya kok. Yang ingin saya tanyakan:

1. Bagaimana hukum haji pakai uang kolusi? Adakah hadis yang menjelaskan tentang ditolaknya haji pakai uang ini?

2. Jika kita menerima uang riswah, bolehkah kita sumbangkan ke yayasan islam?

3. Bagaimana hukumnya menafkahi keluarga dengan uang riswah ini? Soalnya saya lihat orang-orang kantor saya itu keluarganya kok ya baik-baik saja, padahal mereka menafkahi keluarganya dengan uang riswah.

4. Katanya uang yang haram itu tidak barakah, tapi kenapa ya ustad kok mereka bisa seperti itu? (makan uang hasil kolusi tapi ibadahnya baik-baik saja)

5. Apakah mungkin ini yang namanya istidraj ustad? Bagaimana ya cara saya menyadarkan mereka? Saya sudah pernah sih berdialog panjang, tapi kayaknya itu sudah menjadi pilihan hidup mereka.

6. Karena gaji kita kecil, sementara kita punya kewajiban menghidupi keluarga, bolehkah kita menggunakan uang riswah untuk memenuhi kewajiban kita itu ustad? Terimakasih jawabannya ustad, tolong diberi dalil yang lengkap. Wasssalam

Jawaban

Assalamu

 

MP3 Ceramah

Manajemen waktu