Anda di halaman: Home Puasa Apakah Puasa Daud Harus Rutin?

Apakah Puasa Daud Harus Rutin?

Assalamualaikum wr. wb. Pak ustadz, saya orang yang awam dalam hal-hal keagamaan. Saya pernah membaca, kalau puasa daud hanya untuk orang yang "haus" akan puasa, orang yang akan melakukan puasa daud harus orang yang sudah biasa/rutin melakukan puasa senin-kamis. Yang saya ingin tanyakan adalah, bagaimana kalo saya ingin melakukan puasa daud, tapi puasa senin-kamis baru saya lakukan belum lama. Mohon penjelasannya pak ustadz, Trima kasih, wassalamualaikum wr. wb.

Assalamu `alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh Alhamdulillahi rabbil `alamin, washshalatu wassalamu `ala sayyidil mursalin, wa ba`du.

Puasa Daud adalah puasa yang disyariatkan kepada Nabi Daud dan oleh Rasulullah SAW dijadikan puasa sunnah kepada ummatnya. Banyak sekali fadhilah dan keutamaan puasa Daud ini seperti yang banyak dituangkan dalam hadits.

Dalam Shahih Bukhori Juz 1 halaman 380 hadits nomor 1097 disebutkan: Abdullah bin Amar menceritakannya bahwa Rasululah SAW bersabda kepadanya, "Shalat yang paling dicintai Allah adalah shalatnya Nabi Daud alaihis salam, beliau tidur setengah malam lalu bangun sepertiganya dan tidur seperenamnya. Dan puasa yang paling dicintai Allah adalah puasa Nabi Daud, beliau puasa sehari dan berbuka sehari." Dan masih banyak lagi nash-nash yang senada yang menganjurkan puasa Nabi Daud.

Untuk mengerjakan puasa Daud, tidak harus berpuasa senin-kamis dalam waktu yang lama. Ia bisa dilakukan kapan saja dan bisa ditinggalkan kapan saja. Jadi bila seseorang mengerjakannya selama beberapa kali lalu berhenti, maka hal itu boleh-boleh saja.

Sebab yang diwajibkan untuk melakukannya terus menerus bukan kita, melainkan nabi Daud as dan ummatnya saja. Kita ini bukan ummat beliau dan tidak diwajibkan puasa kecuali Ramadhan, atau puasa nazar atau qadha. Buat kita, puasa dengan tatacara nabi Duad as itu hanyalah sunnah yang berpahala bila dikerjakan dan tidak berdosa bila ditinggalkan.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab, Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

 

MP3 Ceramah

Manajemen waktu

Teknisi

Status Yahoo
CALL CENTER/OFFICE:
021-8575426

Visitor

Hari ini1635
Kemarin3302
Minggu ini8147
Bulan ini38734
Keseluruhan456695

Terdapat 70 pengunjung online