Anda di halaman: Home Thaharah Bau Pesing di Pakaian Dalam

Bau Pesing di Pakaian Dalam

assalamualaikum wr wb
pak ustad saya mau bertanya,
ketika di tempat kerja saya ingin melakukan sholat ashar , sebelum melakukan sholat ashar saya mencium maaf (CD dan celana saya) ternyata bau pesing ada , padahl saya selalu beristinja, nah sementara saya gak ada lagi pakaian ganti, saya gak tau baju saya kena apa tidak soalnya gak ada bau pesing itu...
lalu apa saya melalkukan sholat ashar itu sah? sementara jam kerja sampai ba'da magrib, solusi dong pak ustad... saya bingung...

 

Jawaban

Assalamu alaikum wr.wb.

Menurut para ulama keberadaan bau pesing yang terdapat di pakaian tidak serta merta harus dicuci dan tidak serta merta membatalkan wudhu selama Anda tidak bisa memastikan dan meyakini adanya kencing pada baju tersebut. Hal itu didasarkan pada hadits sahih Bukhari Muslim dengan lafal muslim, "Seseorang yang merasa mendapati sesuatu (buang angin) dalam shalat mengadu kepada Nabi saw. Maka beliau menjawab, "Jangan tinggalkan salatmu sebelum engkau mendengar suara atau merasa ada angin yang keluar."
al-Imam an-Nawawi menyebutkan dalam syarahnya terhadap hadits di atas bahwa hadits tersebut menjadi salah satu landasan dan prinsip fikih yang sangat penting dalam Islam. Yaitu bahwa segala sesuatu dinilai berdasarkan keadaan asalnya sebelum diyakini yang sebaliknya. Sementara perasaan ragu tidak berpengaruh.
Karena itu, dalam kondisi demikian, tidak harus istinja ulang atau memercikkan air ke pakaian tadi hanya karena tercium bau pesing sebelum keberadaan kencing diyakini. Hanya saja jika hal itu mengganggu memang sebaiknya diganti dengan pakaian yang baru dan bersih. Dalam hal ini menyiapkan pakaian ganti menjadi sangat diperlukan.
Wallahu a'lam bish-shawab.
Wassalamu alaikum wr.wb.

 

MP3 Ceramah

Manajemen waktu

Teknisi

Status Yahoo
CALL CENTER/OFFICE:
021-8575426

Visitor

Hari ini1000
Kemarin4752
Minggu ini14938
Bulan ini5752
Keseluruhan515529

Terdapat 245 pengunjung online