Anda di halaman: Home Zakat Relasi antara Puasa dan Zakat Fitri

Relasi antara Puasa dan Zakat Fitri

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Ada beberapa point pertanyaan, mohon penjelasannya : 1. Hubungan zakat fitrah dengan puasa Ramadhan, apakah saling berkaitan atau masing masing berdiri sendiri. 2. Apakah pahala puasa ramadhan akan menggantung dilangit jika belum membayar zakat fitrah? Terima Kasih untuk penjelasannya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Assalamu alaikum wr.wb.

Tentu saja terdapat kaitan yang sangat kuat antara puasa Ramadhan dan zakat fitri. Di antaranya bahwa puasa seyogyanya mengggugah setiap muslim untuk memiliki kepekaan terhadap kalangan yang tidak punya. Pasalnya di saat berpuasa ia merasakan lapar dan haus seperti yang biasa mereka rasakan. Maka zakat fitri adalah bentuk konkret serta simbol dari adanya solidaritas sesama muslim.

Selain itu, zakat fitri merupakan penyempurna dari puasa Ramadhan. Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Rasulullah saw mewajibkan zakat fitri untuk menjadi pembersih bagi orang yang berpuasa dari segala perbuatan yang sia-sia dan kotor serta untuk berbagi dengan kalangan fakir miskin. (HR Abu Daud). Inilah posisi sebenarnya dari zakat fitri terhadap puasa Ramadhan.

Sementara hadits yang berbunyi, "Puasa bulan Ramadhan bergantung di antara langit dan bumi serta tidak naik kepada Allah kecuali dengan zakat fitri." Menurut as-Suyuthi, Ibnul Jawzi, dan al-Albani, hadits tersebut lemah. Makna dari hadits tersebut bahwa penerimaanpuasa Ramadhan sangat terkait dengan penunaian zakat fitri. Siapa yang tidak membayar zakat fitri maka puasanya tidak diterima. Tidak ada ulama yang mendukung pendapat tersebut. Yang benar bahwa zakat fitri merupakan simbol solidaritas serta pembersih dan penyempurna kekurangan puasa Ramadhan.

Wallahu a'lam bish-shawab.

Wassalamu alaikum wr.wb.

 

MP3 Ceramah

Manajemen waktu

Teknisi

Status Yahoo
CALL CENTER/OFFICE:
021-8575426

Visitor

Hari ini949
Kemarin2763
Minggu ini6712
Bulan ini87309
Keseluruhan312183

Terdapat 36 pengunjung online