Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terkena Kotoran Cicak

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai Terkena Kotoran Cicak.

 

Terkena Kotoran Cicak

Assalamualaikum warrohmatullohi wabarokatuh pak ustad.....!!! saya mau menanyakan bagaimana hukumnya badan terkena kotoran cicak saat sholat. saya sering menemukan d masjid saat sholat dan tanpa sadar kotoran tersebut sudah ada d karpet dan mengenai badan saya..... apa sholat saya batal atau tidak sah pak? terima kasih

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi Rabbil alamin. ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbihi ajmain. Wa ba'du:

Sebelum menjawab tentang hukum kotoran cicak, kita harus mengetahui terlebih dahulu kondisi dari cicak itu sendir: apakah ia termasuk binatang yang memiliki darah mengalir atau tidak? 

Sebagian ulama seperti al-Mardawi al-Hambali menyatakan bahwa cicak termasuk binatang yang memiliki darah mengalir. Sebagai konsekwensinya kotoran cicak  adalah najis karena cicak termasuk yang dagingnya tidak dimakan. 

Sementara menurut jumhur ulama sebagaimana yang disebutkan oleh Imam Nawawi cicak termasuk binatang yang tidak memiliki darah mengalir sehingga kotoran cicak adalah suci. Ibnu Qudamah dalam al-Mughni juga menyebutkan, "Jenis kedua adalah binatang yang tidak memiliki darah mengalir. Maka hukumnya suci termasuk seluruh bagian dan kotorannya." 

Jadi, para ulama berbeda pendapat dalam menetapkan hukum kotoran cicak. Karena itu jika Anda ragu sebaiknya jika baju terkena kotoran cicak hendaknya dicuci. Namun demikian jika ingin mengambil pendapat yang menganggapnya suci dan atau najis yang sedikit dimaafkan sehingga tidak perlu dicuci, maka hal itu juga dibenarkan. Wallahu a'lam

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Posting Komentar untuk "Terkena Kotoran Cicak"