Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waktu Sholat Dhuha, Penjelasan dan Dalilnya

Pada postingan kali ini, kita akan membahas tentang kapan waktu sholat dhuha (kapan waktu yang baik melaksanakan sholat dhuha), serta penjelasan singkat sholat dhuha dan dalil sholat dhuha, simak penjelasannya berikut ini.

Waktu Sholat Dhuha, Penjelasan dan Dalilnya

Pertanyaan:

  1. Banyaknya raka‘at shalat Dhuha yang biasa dilakukan
  2. Oleh Nabi Muhammad SAW dan ayat yang menguatkannya serta waktu akhir shalat Dhuha.

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Shalat dhuha‘ adalah salah satu shalat sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan sebagai shalat tambahan

Jumlah rakaat shalat dhuha tidak dibatasi jumlahnya, sedangkan paling sedikit adalah dua rakaat. Namun ada juga yang berpendapat bahwa bilangan rakaatnya delapan dan dua belas. Semua pendapat itu berdasarkan dalil yang berbda-beda, diantaranya kami kutipkan dari Fiqih Sunnah Dr. Sayyid Sabiq bab Shalat Dhuha: 

Dari Ummu Hani bahwa Rasulullah SAW shalat dhuha 8 rakaat dan bersalam tiap dua rakaat. (HR Abu Daud)

Dari Aisyah ra. Berkata bahwa Rasulullah SAW shalat dhuha 4 rakat dan menambahi sesuai dengan keinginannya. HR Ahmad Muslim dan Ibnu Majah

Said bin Manshur mengeluarkan dari al-Hasan bahwa dia ditanya,?Apakah para shahabat Nabi melakukan shalat dhuha??. Ya, mereka melakukannya ? ada yang mengerjakan 2 rakaat, ada yang 4 rakaat, ada yang shalat terus hingga tengah hari. 

Dari Ibrahim an-Nakha‘i bahwa seseroang bertanya kepada Al-Aswan bin Yazid,?Berapa rakaat saya shalat dhuha‘?. Dijawab,?terserah berapa saja?. 

Waktu

Sedangkan untuk shalat dhuha‘ adalah waktu dhuha‘ sesuai dengan namanya. Dan batasannya adalah mulai matahari sebatas tombak dan berakhir ketika tergelincirnya di cakrawala (tengah hari). 

Dalil Sholat Dhuha

Dari Zaid bin Arqam ra. Berkata,?Nabi SAW keluar ke penduduk Quba dan mereka sedang shalat dhuha‘. Beliau bersabda,?Shalat awwabin (duha‘) berakhir hingga panas menyengat (tengah hari). HR Ahmad Muslim dan Tirmizy.

Wallahu a‘lam bis-shawab. 

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Posting Komentar untuk "Waktu Sholat Dhuha, Penjelasan dan Dalilnya"