Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menghitamkan Rambut Bagi Seorang Siswi

 Kali ini, kita akan membahas mengenai Menghitamkan Rambut Bagi Seorang Siswi

 

Menghitamkan Rambut Bagi Seorang Siswi

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Pertanyaan:

Ustadz saya Tian seorang siswi SMK yang akan melaksanakan PKL disebuah industri. Tetapi suatu kesalahan Tian dan membuat Tian menyesal yaitu karena telah mewarnai rambut Tian dengan warna pirang. Dan dalam industri tersebut tidak mengizinkan rambut yang diwarnai. Apakah Tian boleh menghitamkan rambut Tian dan bagaimana hukumnya?. Tian mohon jawabannya Ustadz. Terimakasih.

Wassallammuallaikum Wr.Wb 

Jawaban:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Alhamdulillahi Rabbil alamin. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbihi. Amma ba’du:

Pada dasarnya mencelup, atau mewarnai rambut dengan warna hitam tidak diperbolehkan. Hal ini di antaranya didasarkan pada ucapan Rasul saw kepada ayah Abu Bakar, ra yakni Abu Quhafah yang datang kepada beliau dengan kondisi rambutnya putih terang. Beliau berkata, “Ubahlah ini dan hindari warna hitam!”

Para ulama memahami hadits tersebut dan hadits lain yang senada sebagai larangan secara umum untuk mewarnai rambut dengan warna hitam. Namun sebagian lain mengaitkan larangan tersebut dengan adanya unsur manipulasi dan penipuan dalam hal penampilan. Ini seperti pandangan Dr. Yusuf al-Qardhawi. Menurut beliau kasus Abu Quhafah yang dilarang mewarnai rambut dengan warna hitam lantaran usianya sudah tua sehingga tidak layak mencelup rambutnya dengan warna hitam. Namun yang usianya masih muda, maka tidak apa-apa mencelup dengan warna hitam. Imam az-Zuhri juga menegaskan, “Kami mencelup dengan warna hitam jika wajahnya masih muda. Namun ketika sudah tua, kami tinggalkan.”

Karena itu, melihat kondisi Anda yang masih muda dan ingin mengembalikan warna rambut kepada warna aslinya, sehingga berarti tidak ada unsur penipuan, maka hal itu tidaklah dilarang.

Wallahu a’lam.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Posting Komentar untuk "Menghitamkan Rambut Bagi Seorang Siswi"